Dua Remaja Disekap Tentara dan Dipotret Bugil

Bookmark and Share

Dua remaja Afganistan yang ditahan di penjara AS di Kabul mengaku mereka telah dipukuli oleh seorang penjaga yang berkebangsaan Amerika. Keduanya juga dipotret dalam keadaan bugil, tidur mereka diganggu dan disekap di ruang terkucil di sel beton.
  
The Washington Post, Jumat malam, melaporkan kedua remaja, Issa Mohammad (17) dan Abdul Rashid (16), itu telah ditahan di penjara tersebut sedikitnya selama dua pekan, sewaktu mereka menjalani interogasi setiap hari mengenai dugaan hubungan mereka dengan faksi Taliban.

Menurut The Washington Post, pernyataan itu tak dapat dikonfirmasi secara independen. Namun dalam wawancara di lokasi selanjutnya, remaja tersebut memberikan gambaran konsisten yang terperinci yang menyatakan perlakuan pelecehan terhadap tersangka gerilyawan dalam beberapa kasus telah berlanjut di bawah pemerintah Presiden AS Barack Obama.

Obama telah berjanji akan mengakhiri praktek interogasi kasar yang disahkan oleh pemerintah George W. Bush, setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Issa dan Rashid mengatakan, mereka dipukuli dan ditampar oleh para tentara yang menangkap mereka selama berada di pangkalan udara Bagram, tempat mereka ditahan di sel secara terpisah. Rashid mengatakan, para penginterogasinya memaksa dia melihat gambar porno di sebelah gambar ibunya.

Lokasi penahanan itu, sebagaimana digambarkan dua remaja tersebut, tampaknya telah menjadi instalasi yang dikelola oleh pasukan Operasi Khusus AS yang terpisah dari Bagram Theater Internment Facility, penjata utama yang dikelola Amerika.

Gambaran kedua remaja itu mengenai daerah penahanan tersebut nampaknya sama dengan keterangan sebelumnya dari dua mantan tahanan. Mereka mengatakan, juga mengalami perlakuan buruk.

Sumber : Kompas

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar